Oleh: J.A. Noertjahyo | 23/09/2009

HUT RS Panti Nirmala Malang

File: Acara HUT-RSPN

Acara HUT Yayasan & RS Panti Nirmala Malang

 Menjelang HUT Ke-80 Yayasan & RS-PN tanggal 1 Oktober 2009, ada baiknya kita ketahui bahwa pada saat saya menjabat Ketua Yayasan RS Panti Nirmala Malang (1982-2001), Rapat Pengurus Yayasan memutuskan ”Acara Pokok HUT” adalah:

 1. Misa Syukur di Kapel RS-PN.

2. Ziarah ke makam Mgr AEJ Albers O.Carm dan Pastor Wang CDD.

3. Apel Pengurus Yayasan + Direksi, dan Karyawan RSPN.

4. Tumpengan/Resepsi (syukuran).

 Penjelasan:

1.         Misa syukur dilakuklan sesuai dengan tradisi Gereja Katolik, mengingat RS-PN dikelola Lembaga Katolik (Kongregasi Suster Misericordia) sejak dilakukan ”kerja sama” dengan RKZ/RS Panti Waluyo Malang atas izin Uskup Malang tahun 1952 (tahun 1988 Kongregasi Suster Misericordia digantikan oleh Kongregasi Suster Pasionis).

2.         Dasar menentukan ziarah ke Makam Uskup Malang, Mgr AEJ Albers O.Carm, karena beliau berjasa “menyelamatkan” RS-PN yang saat itu (1952) mengalami krisis keuangan dan manajemen dengan ”menjembatani dan mengizinkan” kerja sama antara Perkumpulan THIS dengan Kongregasi Suster Misericordia; sedangkan Pastor Joseph Wang diberi tugas menjadi pemimpin rohani dan Wakil Keuskupan di RS-PN, dengan alasan beliau tinggal paling dekat dengan RS-PN (Jl Dr Sutomo) dan tidak terikat tugas paroki.

Dua alasan dipilihnya makam kedua almarhum ini adalah: (1) Sampai saat itu Yayasan tidak mengetahui makam (atau tempat penyimpanan abu) para perintis THIS/RS-PN, dan (2) Makam kedua almarhum tersebut berada di kota kedudukan hukum RS-PN, yaitu Kota Malang, sehingga mudah diziarahi oleh Pengurus Yayasan dan Karyawan Rumah Sakit.  

3.         Apel merupakan pertemuan tatap-muka antara Pengurus Yayasan, Direksi, dan seluruh karyawan (yang saat itu tidak bertugas mutlak); serta kesempatan untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi.

4.         Tumpengan/resepsi dilakukan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan YME sesuai tradisi dalam masyarakat Indonesia.  

 Keputusan Rapat Pengurus di atas direkam dalam Notulen Rapat yang menjadi arsip Yayasan RS-PN, seingat saya menjelang perayaan HUT ke-64 tahun 1993. Jika ada bukti-bukti lain yang kurang sesuai dengan alasan tersebut, keputusan di atas dapat direvisi.

Semoga catatan di atas bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Malang, 22 September 2009.

J.A. Noertjahyo

Ketua Yayasan RS-PN 1982-2001.

NB: Catatan ini dipublikasikan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: