Oleh: J.A. Noertjahyo | 18/10/2009

Pengalaman di Filipina (1)

Tahun 1984 saya lolos seleksi untuk mengikuti pelatihan jurnalistik yang  diselenggarakan Press Foundation of Asia di Los Banos, Filipina. Selesai pelatihan mendapat tugas dari Kompas untuk meliput perkembangan politik pascapemilu 1984, dan laporannya dimuat harian ini tanggal 6-7-8 Juli 1984.

            Pengalaman ”unik” pertama di Filipina, saat jedah makan, semua peserta antre secara rapi dengan urutan sesuai waktu kedatangan. Para dosen maupun pimpinan pelatihan tidak diistimewakan, harus ikut antre sesuai waktu kedatangannya. Saya kikuk berada persis di depan seorang dosen dalam antrean, dan saya persilakan beliau pindah ke depan saya. Ternyata beliau tidak mau, menolak dengan tegas dan menyatakan akan mengikuti antre sesuai urutannya. Saya cukup kaget terhadap sikapnya.

            Pengalaman ”unik” kedua, Menteri Pertanian yang diundang untuk memberikan ceramah datang sekitar 15 menit sebelum waktunya. Kedatangannya hanya berdua dengan sopir, tanpa pengawal, tanpa ajudan, dan tanpa upacara penyambutan khusus oleh panitia (tuan rumah). Malahan dipersilakan menunggu gilirannya di ruang tamu, sendirian!

            Saya rasa kedua kejadian di atas memang ”unik” dibanding dengan tatacara (budaya?) di negeri kita. Bagaimana pendapat Anda?

(Dari konsep buku ”Tapak Kecil di Kompas, Antara Pena dan Pistol” bagian yang belum dipublikasikan)

 


Responses

  1. Marilah mulai dari kita dan lingkungan sekitar kita, niscaya bila banyak yang memulai maka next kita akan menikmatinya, bagaikan menanam pohon, kita menanam maka anak cucu kita akan menikmatinya.

    • Bagus, setuju sekali.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: