Oleh: J.A. Noertjahyo | 19/10/2009

Pojok Harian “Kompas” 19 Oktober 1973

    Saya menjadi Koresponden (Lepas) Kompas di Malang tahun 1968- 1977, ditugasi  menjadi Kepala Perwakilan Jawa Timur & Bali (1977-1983), lalu dipindah ke Kantor di Jakarta sampai pensiun tahun 1999.

            Pengalaman paling “kocak” justru banyak terjadi di Malang. Di antaranya terkait dengan tulisan di rubrik “Pojok” tanggal 19 Oktober 1973 yang berbunyi: “Di Malang, kabarnya, celana-celana komprang anak-anak muda juga diguntingi. Kalau benar begitu, namanya kan merembet-rembet tidak bener nih. Perlu ditertibkan ah, sebelum aneh-aneh.

            Gara-gara “Pojok” itu saya dipanggil polisi dengan surat tertanggal 30 Oktober 1973, untuk “diperiksa”. Kepada pemeriksa berkali-kali saya jelaskan bahwa “Pojok” ditulis oleh Redaktur di Jakarta, namun ia tetap menyatakan  saya sebagai penanggung jawabnya. Sebab, katanya, satu-satunya orang Kompas di Malang adalah saya sehingga dianggap sebagai “wakil” dari Kompas. Paling tidak saya dianggap sebagai pemberi bahan untuk “Pojok” tersebut, dan diperingatkan untuk tidak melakukan perbuatan serupa serta melempar tanggung jawab ke Redaksi.

            Menghadapi “penguasa” seperti itu saya hanya dapat menggerutu dalam hati : “Mana mungkin saya harus bertanggung jawab terhadap semua tulisan tentang Malang yang dimuat Kompas? Memangnya saya Pemimpin Redaksi? Kapan polisi mengangkat saya untuk jabatan itu?”

Tetapi gerutu itu memang bukan jalan keluar, meskipun manusiawi.

            Saat ke Jakarta hal di atas saya sampaikan kepada Pak Jakob Oetama, dan beliau  hanya tersenyum sambil meraba-raba dagu. Mungkin Pak Jakob geli terhadap pendapat petugas polisi seperti di atas.

 (Dari konsep buku “Tapak Kecil di Kompas, Antara Pena dan Pistol” halaman 32-33, yang terkena ’sensor’)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: