Oleh: J.A. Noertjahyo | 20/10/2009

Pengalaman di Filipina (2)

KOTA Los Banos yang terletak sekitar 64 kilometer arah tenggara Kota Manila patut dijuluki sebagai ”area internasional”. Di sinilah keberadaan UPLB (University of The Philipines at Los Banos) yang luas kampusnya sekitar 1.000 hektar dan memiliki mahasiswa dari puluhan negara di luar Filipina, termasuk Indonesia. Kampus ini memang memukau, ruang kuliahnya bagus, dilengkapi asrama mahasiswa, perumahan dosen, fasilitas olahraga, tempat rekreasi, perpustakaan besar, dan lain-lain.

Badan internasional lain yang terkenal adalah IRRI (The International Rice Research Institute), lembaga yang melakukan berbagai penelitian untuk meningkatkan produksi padi di berbagai negara. Yang cukup mengejutkan, puluhan varietas padi Indonesia dapat ditemukan di IRRI, termasuk varietas yang di Indonesia sendiri sudah sulit ditemukan. Sebagian kita mengenal padi/beras jenis “IR”, dan inilah salah satu karya IRRI yang dinilai banyak negara sebagai “prestasi gemilang”. Lebih 100 ilmuwan peneliti dari berbagai negara menerapkan keahliannya di lembaga ini untuk kesejahteraan dunia.

Menurut Dr Crispin C Maslog, guru besar bidang jurnalistik dan komunikasi UPLB, kata “Los Banos” artinya “tempat mandi”. Namun dalam perjalanannya ternyata Los Banos lebih dikenal sebagai pusat pendidikan dan penelitian bertaraf internasional yang berbobot. (Dari konsep buku “Tapak Kecil di Kompas, Antara Pena dan Pistol” yang terkena “sensor”).


Responses

  1. jadi kangen ama suasana di Los Banos…benar-benar tenang….

    • Wah, menggugah kenangan indah ….?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: