Oleh: J.A. Noertjahyo | 21/10/2009

Lebah “Si Hewan Ajaib”

Kongres Ke-34 Apimondia di Lausanne (Swiss) 15-19 Agustus 1995 dihadiri sekitar 4.000 peserta dari 64 negara, termasuk 10 delegasi dari Indonesia. “Inilah satu-satunya organisasi peternakan tingkat internasional yang tertua, terbesar, dan tetap penuh vitalitas,” ujar Dr Harald E, guru besar biologi di Notre Dame (Indiana), Amerika Serikat. Apimondia didirikan tahun 1897 di Belgia, dengan bahasa resmi dalam kongres adalah bahasa Jerman, Perancis, Inggris, Spanyol, dan Italia..

“Lebah memang hewan kecil, tapi organisasinya paling besar,” kata Liu Jin Zu, Manajer Beijing Apiculture Company. Teman barunya, Kaye Ecroyd dari Selandia Baru, hanya menganggukkan kepala sebagai pertanda menyetujui ucapan itu.

Hampir seluruh peserta kongres tersebut menyiratkan antusiasme yang tinggi dalam membahas berbagai masalah lebah yang sering diberi predikat “hewan ajaib” ini. Hal itu terkait dengan berbagai produk yang sangat bermanfaat bagi manusia. Sebut saja madu yang setiap 100 gramnya bernilai 294 kalori. Dan nilai kalori satu kilogram madu sama dengan 50 butir telur, atau 5,575 liter susu, atau 1,680 kilogram daging kambing.

Produk lain yang lebih hebat adalah royal jelly (susu ratu), bahan makan yang disediakan khusus untuk ratu lebah sehingga dapat hidup sampai 6 (enam) tahun. Padahal tempayak lebah biasa (bukan ratu) yang makanan sehari-harinya madu, hanya tahan hidup sekitar 40 hari.

Dalam beberapa publikasi disebutkan bahwa secara turun-temurun keluarga Kerajaan Inggris merupakan konsumen royal jelly yang setia.

(Dari konsep buku ”Tapak Kecil di Kompas, Antara Pena dan Pistol” yang kena ’sensor’)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: