Oleh: J.A. Noertjahyo | 27/03/2012

Penjelasan dan Penegasan kepada Pengurus RS Panti Nirmala Malang

Kepada:                                                                             Malang, 12 Maret 2012.

Yth. Pengurus Yayasan RS Panti Nirmala Malang

Jl. Kol. Sugiono 19-21

M A L A N G.

UP:  – Dewan Pembina

– Dewan Pengawas

– Dewan Pengurus

Perihal: Dokumen Yayasan/RSPN.

 

Dengan hormat,

Beberapa kali saya dihubungi pihak Rumah Sakit / Yayasan RS Panti Nirmala Malang untuk minta (penjelasan) tentang dokumen (Sertipikat Tanah, Perjanjian, Akta Notaris, dsb) milik RS/Yayasan.

Terkait dengan hal tersebut, saya jelaskan bahwa: (1). Semua arsip dan dokumen ditangani dan berada di bawah tanggung jawab Sekretaris Yayasan. (2). Saat berstatus “Perkumpulan”, dokumen penting disimpan dalam brandkast Bendahara (Bp Ong Kian Pa); setelah berubah menjadi “Yayasan”, dokumen disimpan dalam brandkast rumah sakit. (3). Selanjutnya disepakati rapat pengurus: dokumen penting (terutama semua Sertpikat Tanah dan Akta Notaris) disimpan dalam SDB bank. Seingat saya, penyimpanan tersebut pernah diurus Bendahara (Bp Suhatmo), dan atau bersama Wakil Ketua dan Sekretaris Yayasan, karena Bendahara dan Wakil Ketua disepakati menjadi penanggung jawab rekening Yayasan di bank. (4). Dokumentasi Sekretariat/kantor dan keperluan lain, berupa fotokopi dokumen asli.

Dengan kebijakan seperti di atas, maka saya tidak pernah membawa/menyimpan dokumen asli, baik saat menjabat sebagai Ketua Yayasan maupun sesudahnya.

Khusus Akta Pendirian Yayasan (yang ditanyakan Bp Djohan Tjahjana dalam resepsi keluarga Bp Sutjipto Gunawan tanggal 11 Maret 2012) – berdasar kebijakan di atas – yang lebih mengetahui keberadaannya adalah mereka yang melakukan penyimpanan di SDB bank, (Wakil Ketua – Bendahara – Sekretaris).

Sebagai informasi, Akta Pendirian Yayasan itu dibuat di depan Notaris  Nyonya Soenardi Adisasmito Jl Simpang Ijen, bernomor 37 tanggal 28 April 1980, dengan  penghadap notaris sebagai Pendiri Yayasan adalah Drg Oei Boen Thong (Ketua), Go In Kiem (Sekretaris), dan J.A Noertjahyo SH (Wakil Sekretaris). Jika turunan asli akta ini ”hilang”, dapat dilacak ke: (1) Penerus notaris di atas, atau (2) Departemen Hukum dan HAM, atau (3) Pusat Arsip Nasional.

Demikian, harap maklum dan terima kasih atas perhatiannya.

 

Salam dan hormat,

J.A NOERTJAHYO

Tembusan (untuk diketahui) kepada: (1) Yth Direksi RS Panti Nirmala, (2) Yth Ibu Sylvia Indahwati (mantan Sekretaris Yayasan), (3) Yth Sdr Rudy Chandra K (mantan Sekretaris Yayasan, (4). Arsip.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: