Oleh: J.A. Noertjahyo | 14/07/2012

Mgr AEJ Albers O.Carm dan RS Panti Nirmala Malang

Mgr AEJ Albers O.Carm.

TAHUN 2012 ini genap 32 tahun Mgr. A.E.J. Albers O.Carm. menghadap Sang Khalik. Beliau memangku jabatan sebagai Uskup Malang selama 34 tahun (1939-1973). Sepenggal perjalanan beliau terekam dalam buku “64 Tahun R.S. Panti Nirmala Malang” halaman 40, sebagai berikut: “Pada masa transisi yang sangat sulit itu, untuk pengelolaan RS pengurus THIS mendapat uluran tangan yang sangat berharga  dari Uskup Malang saat itu, Mgr. A.E.J. Albers O.Carm (alm) dengan dirintisnya kerja sama antara perkumpulan THIS dengan Kongregasi Suster Misericordia di tahun 1952. Bangunan dan berbagai sarana RS dibenahi sehingga kuantitas dan kualitas pelayanannya dapat terus ditingkatkan. Tidak dapat dipungkiri eksistensi RS-THIS yang kini berusia 64 tahun ini berkat kerja keras dan pengabdian dari para Suster Misericordia yang bekerja sama dengan pengurus THIS sekitar 37 tahun (1952-1988). Para Suster Misericordia yang melaksanakan pengabdiannya di RS-THIS/RS-PN dan sangat berjasa, antara lain, adalah Sr. Gregoria, Sr. Catherine, Sr. Alberta, Sr. Alexia, Sr. Theresia, Sr. Germana, Sr. Imelda, Sr. Mathilda, Sr. Bernadette; dan masih banyak lagi. Sedangkan rohaniwan yang sulit dipisahkan dengan RS-THIS/RS-PN adalah Pastor Wang (alm)”.

Catatan: Foto-foto peresmian kerja sama tersebut dimuat dalam buku “70 Tahun Rumah Sakit Panti Nirmala Malang”, halaman 16. Dalam buku ini, tentang Mgr A.E.J. Albers O.Carm ditulis: ”Uskup Malang (1939-1973), adalah perintis dan pemberi izin dilakukannya kerja sama antara Perkumpulan THIS (RS THIS) dengan Kongregasi Suster Misericordia (RKZ Malang) tahun 1952. Saat itu RS THIS mengalami berbagai kendala dalam operasionalnya, terutama tenaga dokter, medis, dan obat-obatan. Dengan kerja sama tersebut RS THIS dapat mengatasi kesulitannya, dan pada tahun 1961 nama “Tiong Hwa Ie Sia” diganti/diubah menjadi “Panti Nirmala”.

Dalam buku ini juga ditulis peran Pastor Joseph Wang CDD, sbb: “Bertahun-tahun menjadi anggota Pengurus Perkumpulan/Yayasan,sekaligus sebagai pembimbing rohani yang hampir setiap hari mempersembahkan Misa Kudus di Kapel RS. Beliau juga banyak memberikan nasehat dan turut mengawasi perawatan gedung dan pembangunan beberapa bagian. Pastor Wang juga meninggal di RS Panti Nirmala karena sakit, pada tanggal 12 November 1985” (halaman23)

RS Panti Nirmala Malang

Dengan terjadinya kerja sama tersebut, RS THIS (Tiong Hwa Ie Sia)/RS Panti Nirmala (RS-PN) dikelola RKZ/RS Panti Waluyo sebagai RS Katolik. Kapel dibangun, diresmikan dan diberkati. Ruangan RS diberkati dan ”dihiasi” salib sebagai tanda kemenangan Kristus, serta diberi identitas dengan nama Santo/Santa (Orang Kudus) sebagai pelindungnya. Pencantuman nama Santo/Santa itu diimani mampu menjadi mediasi dengan Tuhan Yang Mahakasih untuk selalu melindungi penghuninya, yaitu para karyawan, pasien, pengunjung, dsb. Juga sebagai ”petunjuk” ruangan yang praktis dan mudah diingat.

Pimpinan rumah sakit (Direktris dan Administratur) ditentukan oleh Pimpinan Kongregasi Misericordia, seperti yang berlaku di RKZ.

Berkat jasanya di atas, Rapat Yayasan (1993) memutuskan untuk melakukan ziarah ke makam Mgr. A.E.J. Albers O.Carm. di pemakaman Sukun Malang pada setiap Hari Ulang Tahun Yayasan & RS Panti Nirmala, tanggal 01 Oktober.

Karya-pengabdian Kongregasi Suster Misericordia di RS Panti Nirmala  Malang di atas – dengan restu dan mediasi Keuskupan Malang – tahun 1988 diserah-terimakan kepada Kongregasi Suster Pasionis sebagai penerus karya pengabdiannya. .

Semoga sepenggal kisah ini bermanfaat bagi kita bersama.

Malang, masa Novena Pentakosta, 18-26 Mei 2012.

Salam kasih dalam Kristus,

J.A. NOERTJAHYO            

Penyusun Sejarah RS-PN, Juni 1993, berdasar penuturan pengurus senior Yayasan RS-PN dan catatan Prof DR Habib Mustopo, sejarawan dan guru besar IKIP Malang.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: